'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab
Vol 5, No 1 (2016): JUNI 2016

PEMBELAJARAN MUHA>DAS|AH DAN PROBLEMATIKANYA DI MTS MA’HAD HADITS AL-JUNAIDIYAH BIRU KABUPATEN BONE

Suharia Sarif (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2020

Abstract

Bentuk pelaksanaan pembelajaran Muha>das\ah di MTs Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone dilakukan dengan beberapa teknik pembelajaran yaitu :  pemberian kosakata, latihan tanya jawab, latihan menebak kata, latihan wawancara, latihan menyusun dan menyambung kalimat, latihan menghafal dialog, latihan menyayi, latihan bermain peran, latihan dialog terpimpin, latihan pengungkapan bebas, latihan mengidentifikasi kalimat, bercerita berdasarkan topik, praktek pola kalimat, latihan percakapan. Adapun metode yang digunakan tidak terfokus pada satu metode saja melainkan disesuaikan dengan materi pembelajaran maupun kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan. Akan tetapi media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang seadanya.Kemampuan mereka dalam mengimplementasikan bahasa Arab dalam kesehariannya masih sangat minim sekali. Faktor penghambatnya berasal dari faktor linguistik yakni kemampuan siswa itu sendiri dalam berbahasa dan non lingustik berasal dari dari luar kemampuan siswa dalam berbahasa seperti : guru, media, lingkungan dan hal lainnya yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tersebut

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AJamiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

'A Jamiy: Arabic Language and Literature Journal (p-issn: 2252-9926 and e-issn: 2657-2206) is a scientific journal that has published scientific papers since 2012. This journal is a Linguistics and Literature journal that is published twice a year in June and September by the Arabic Literature Study ...