Penelitian ini membahas tentang “Pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Meningkatkan Maha>ratul Lughawiyah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo”. Adapun penelitian ini mengangkat beberapa pokok permasalahan yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Meningkatkan Maha>ratul Lughawiyah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo (2) Apa kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan program pengembangan diri dalam meningkatkan maha>ratul lughawiyah siwa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo (3) Apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan program pengembangan diri dalam meningkatkan maha>ratul lughawiyah. Pendekatan fenomenologis dan edukatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang ditempuh melalui : Observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal sebagai berikut: (1) Program Pengembangan Diri adalah kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan di Madrasah ini melalui tujuh kegiatan dan latihan, dan substansi dari program ini yaitu menekankan pada peningkatan hasil belajar bahasa Arab, baik itu dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang meliputi empat kemahiran yakni kemahiran berbicara, mendengar, membaca dan menulis. (2) Adanya pelaksanaan program ini, diharapkan dapat meningkatkan maha>ratul lughawiyah para siswa dari berbagai aspek, (3) kendala yang dihadapi agar dapat diminimalisisr sehingga peningkatan maha>ratul lughawiyah para siswa dapat tercapai dengan baik.
Copyrights © 2017