Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 2, No 1 (2017): Edisi Maret 2017

INOVASI KOOPERATIF MODEL STAD MATERI POKOK MEMAHAMI KEPUTUSAN BERSAMA

Santoso, Suyam - (SD Negeri Wanatawang 03 Songgom Brebes)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran PKn materi pokok memahami keputusan bersama. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan memperbaiki model pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data berdasar pada indikator keberhasilan yaitu jika nilai siswa mencapai 75 sebanyak 85% maka dikatakan tuntas belajar secara klasikal.Hasil penelitian yang diperoleh sebelum perbaikan  dengan rata-rata 54 meningkat menjadi cukup dengan nilai rata-rata 71 pada siklus I. Kemudian pada akhir siklus II peningkatan yang dikatakan baik sekali mencapai nilai rata-rata 83. Melalui Cooperative Learning model STAD, hasil belajar PKn meningkat melalui aktivitas-aktivitas pemberian apersepsi yang menarik, melibatkan siswa dalam pembelajaran, dan mengaktifkan siswa dalam bertanya jawab dan diskusi kelompok.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...