Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 1, No 2 (2016): Edisi Desember 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENTS DIVISIONS) PADA MATERI AJAR POKOK KEUTUHAN NKRI

Darningsih, Darningsih (SD Negeri Pagerbarang 02)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar dalam proses kegiatan pembelajaran materi pokok keutuhan NKRI yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa pada saat guru masih menggunakan metode konvesional yaitu metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran  materi pokok keutuhan NKRI. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik aktivitas belajar maupun prestasi belajar (ketuntasan belajar) siswa. Ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan dari Pra siklus 26,92%, siklus I mencapai 61,53%  sampai siklus II mencapai 84,61%. Hal ini membuktikan keberhasilan pembelajaran materi pokok keutuhan NKRI dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Peningkatan prestasi belajar ini dikarenakan adanya perubahan aktivitas belajar siswa ke arah yang lebih baik selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...