Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017

PENGARUH ACHIEVEMENT GROUPING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Linayaningsih, Fitria (Fakultas Psikologi Universitas Semarang)
Nawangsih, SK. (Fakultas Psikologi Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh achievement grouping dan dukungan sosial terhadap psychological well being siswa menengah pertama. Penelitian ini dilakukan pada 204 siswa kelas VIII SMP “X” Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psychological well-being dan skala dukungan sosial. Metode pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Analisis data dengan menggunakan Analisis Varian. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh antara psychological well-being dan dukungan sosial sebesar 0,339. Selain itu didapatkan pula hasil bahwa pengelompokan siswa dengan metode dengan achievement grouping memberikan pengaruh pada psychological well-being siswa, dimana siswa yang ditempatkan pada kelompok kelas dengan prestasi terbaik namun memiliki psychological well-being yang tergolong sedang meskipun mendapatkan dukungan yang tinggi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...