Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 2, No 2 (2017): Edisi Juni 2017

PENDEKATAN METODE TAJADIS PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES PEMILU DAN PILKADA

-, Sarip (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Hasil belajar siswa pada pelajaran PKn pada kompetensi dasar menjelaskan proses pemilu dan pilkada kurang maksimal. Terlihat dari hasil evaluasi pembelajaran PKn sebagian besar siswa masih belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode TAJADIS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan dirancang dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui metode TAJADIS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari perolehan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pada kondisi awal, aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kriteria kurang aktif, pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 62% (kriteria cukup aktif) dan pada siklus II persentase aktivitas siswa sebesar 87% (sangat aktif). Melalui metode TAJADIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui sebagaimana nilai tes yang telah diukur peneliti dengan indikator ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal hanya sebesar 35%, pada siklus I mencapai 40%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 90%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...