Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA TERHADAP KEBERANIAN BERKOMUNIKASI DI KELOMPOK B

-, Sumiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Pokok permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah: 1) masih banyak anak yang belum menguasai bahasa. 2). masih banyak anak yang belum berani berkomunikasi dengan orang lain. 3). kemampuan untuk mengungkapkan pikiran,perasaan,sikap,dan pendapat melalui bahasa yang sederhana secara tepat bagi anak Taman Kanak-Kanak masih kurang, 4). Media boneka masih belum banyak diminati. Bagaimanakah kemampuan berbahasa anak Kelompok B. Apakah penggunaan media boneka dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak ? Berdasarkan pokok masalah, tujuan penelitian adalah : Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa terhadap keberanian berkomunikasi di Kelompok B. Subyek penelitian adalah Kelompok B dengan jumlah anak laki-laki 9, perempuan 6 dengan materi kemampuan bahasa. Metode yang digunakan adalah bercakap-cakap dan bercerita menggunakan boneka (sandiwara boneka) sebagai upaya peningkatan kemampuan berbahasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar pengamatan dan hasil tindakan. Dari penelitian ini dapat di deskripsikan bahwa sebelum tindakan tingkat Taman Kanak-Kanak antusiasan, 57 % ketepatan, 66% keberanian 71%, kemauan 71%. Sedangkan setelah diadakan tindakan menjadi 9,5%, 4,7%, 4.7%.4.7%. Hasil kesimpulan bahwa melalui media boneka, dapat meningkatkan keberanian berkomunikasi sehingga ada peningkatan kemampuan berbahasa. Dengan nilai analisis perkembangan; belum berkembang mencapai 61,9 % sebelum perbaikan dan menjadi 6,3 % anak yang belum berkembang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...