Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 4, No 2 (2019): Edisi Desember 2019

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MELALUI TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL JENIS OBSERVASI KELAS PADA GURU

Widiyanto, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi kemampuan guru kelas di SD Negeri Kertasari 04 dalam mengajar masih rendah. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru kelas dalam pembelajaran kurang layak, sehingga diperlukan kegiatan supervisi individual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru kelas. Penelitian ini menggunakan metode observasi kelas dan study dokumen. Sedangkan metode analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri Kertasari 04 UPTD Dikbud Kecamatan Surdadi Kabupaten Tegal. Obyek tindakan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengajar pada guru kelas. Penelitian ini berlangsung selama 4 bulan mulai bulan Januari sampai dengan bulan April 2018. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I s.d VI sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Supervisi Individual dapat meningkatkan kemampuan guru kelas dalam kegiatan pembelajaran. Kemampuan guru dalam siklus I mencapai 50/%, pada akhir siklus II mencapai 100% terjadi peningkatan 50%. Pemahaman guru terhadap kemampuan mengajar siklus I mencapai nilai rata-rata 69,8 pada akhir siklus II mencapai nilai rata-rata 78,8 terjadi peningkatan sebesar 12,89 poin. Melalui Supervisi Individual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...