Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajar dalam model pembelajaran ATI dengan menggunakan microsoft powerpoint dan tanpa menggunakan microsoft powerpoint pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Alla. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga terpilih 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel yaitu penerapan microsoft powerpoint dalam model pembelajaran ATI sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Penelitian pada masing-masing kelas dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan (1 pertemuan untuk es penempatan, 1 pertemuan untuk pre-test, 3 pertemuan untuk materi, dan 1 pertemuan untuk evaluasi). Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen tes hasil belajar untuk mengevaluasi hasil belajar biologi siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen sebesar 80,64 sedangkan pada kelas kontrol 71,21. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung adalah 5,86 (ttabel=2,00 dengan α 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar dalam model pembelajaran ATI menggunakan microsoft powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan microsoft powerpoint
Copyrights © 2016