Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Andarias, S. Hafidhawati (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajar dalam model pembelajaran ATI dengan menggunakan microsoft powerpoint dan tanpa menggunakan microsoft powerpoint pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Alla. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga terpilih 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel yaitu penerapan microsoft powerpoint dalam model pembelajaran ATI sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Penelitian pada masing-masing kelas dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan (1 pertemuan untuk es penempatan, 1 pertemuan untuk pre-test, 3 pertemuan untuk materi, dan 1 pertemuan untuk evaluasi). Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen tes hasil belajar untuk mengevaluasi hasil belajar biologi siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen sebesar 80,64 sedangkan pada kelas kontrol 71,21. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung adalah 5,86 (ttabel=2,00 dengan α 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar dalam model pembelajaran ATI menggunakan microsoft powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan microsoft powerpoint

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...