Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 5 (2016): Edisi Oktober 2016

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TEMPAT HIDUPNYA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF NHT

Misfahwati, Nok (SD Negeri 02 Kebonsari, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh penggunaan pembelajaran model NHT dalam meningkatkan kemampuan memahami hubungan antara ciri-ciri khusus makhluk hidup dengan tempat hidupnya bagi siswa kelas VI semester I SD Negeri 02 Kebonsari. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN Kebonsari 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdapat dua teknik. Dua teknik tersebut yakni teknik tes dan teknik non tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VI SD Negeri Kebonsari 02 dalam pelajaran IPA pokok bahasan memahami hubungan antara ciri-ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan tempat hidupnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...