Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 5 (2016): Edisi Oktober 2016

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

-, Farihin (SD Negeri Kutamendala 06 Kec. Tonjong Kab Brebes)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2016

Abstract

Prestasi  belajar  IPA  yang  rendah  merupakan  masalah  di  kelas bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen tes sebelum digunakan dalam penelitian divalidasi dengan expert judgement. Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran CTL dengan7 asas utamanya dapat meningkatkan prestasi belajar IPA. Siswa sudah tidak malu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dan bisa melakukan kegiatan inkuiri, kerja  kelompok,  dan  presentasi  dengan  baik.  Siswa  lebih  mudah  memahami materi IPA karena mampu mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...