Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 4 (2017): Edisi Oktober 2017

PEMBINAAN TERSTRUKTUR DALAM MENYUSUN DOKUMEN PORTOFOLIO PERANGKAT PEMBELAJARAN

Sunarto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2018

Abstract

Permasalahan yang muncul dan terjadi pada saat diadakan supervisi kelas di Sekolah Binaan adalah masih banyak guru (khususnya guru Bahasa Indonesia) yang belum menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan standar proses berdasarkan Permendiknas Nomor 41 tahun 2007. Pembinaan terstruktur merupakan aktivitas yang dilakukan oleh pengawas sekolah  berupa rancangan pembinaan secara terprogram baik waktu maupun capaian target sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru menyusun dokumen portofolio perangkat pembelajaran. Pendekatannya melalui dua siklus perlakuan. Subyeknya guru-guru Bahasa Indonesia di SMP  Binaan tahun pelajaran 2016/2017. Data awal menunjukkan rata-rata kemampuan guru dalam kelengkapan dokumen portofolio sebesar 45,6. Siklus I berupa pembinaan kelompok besar, siklus II berupa pembinaan kelompok kecil berdasarkan jenis mata pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan parameter kelengkapan dokumen setiap akhir siklus. Hasil rata-rata skor siklus I 70,6 dan skor siklus II 83,4. Dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pembinaan terstruktur dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam  penyusunan dokumen portofolio perangkat pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...