Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PENINGGALAN KERAJAAN HINDU DI INDONESIA

Darin, Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2018

Abstract

Latar belakang dilaksanakan penelitian adalah rendahnya nilai dalam pembelajaran IPS pada materi peninggalan kerajaan hindu di Indonesia dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses belajar Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi peninggalan kerajaan hindu di Indonesia dan untuk meningkatkan keaktifan siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus, dan memerlukan waktu 4 bulan yaitu dimulai bulan Juli - Oktober. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan data-data penelitian diperoleh hasil melalui metode Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkanĀ  nilai siswa denganĀ  nilai rata-rata pada studi awal 50 meningkat menjadi 68,43 dan ketuntasan belajar dari 25% meningkat menjadi 62,50% pada akhir siklus II serta dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS materi peninggalan kerajaan hindu di Indonesia yang pada siklus awal 25% meningkat menjadi menjadi 79,17%. Dengan demikian terbukti perbaikan pembelajaran melalui metode Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan nilai pembelajaran IPS.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...