Guru masih kurang memenuhi syarat dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terbukti dari 10 guru tersebut hanya 3 guru (30 %) yang mampu menetapkan KKM. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Secara khusus, meningkatkan kompetensi guru dalam menetapkan KKM melalui workshop oleh Kepala Sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Sekolah dengan subjeknya guru sejumlah 10 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa setelah diadakan workshop maka guru dapat meningkatkan kompetensinya. Peningkatan pengetahuan tentang KKM dari 0% menjadi 60% pada siklus I dan siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan mengadakan workshop, Kepala Sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menetapkan Kreteria Ketuntasan Minimal, serta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam menetapkan KKM.
Copyrights © 2019