Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Januari 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO DENGAN METODE BERMAIN LEMPAR BOLA

Saniyah, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan bidang atletik nomor lempar turbo belum mencapai kriteria ketuntasan. Prosentase ketuntasan belajar yang dicapai hanya sebesar 40 %. Maka peneliti mencoba untuk memperbaiki proses pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran lempar turbo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat eksperimen dimana sumber data primer adalah peneliti yang melakukan tindakan dan peserta didik yang menerima tindakan, sedangkan data sekunder berupa data dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media bola berekorĀ  dapat meningkatkan hasil belajar, (2) modifikasi pembelajaran dengan melempar bola berekor dengan berbagai variasi mampu meningkatkan hasil belajar, dan (3) media bola berekor dapat peningkatan hasil belajar lempar turbo minimal 0,5. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan atletik nomor lempar turbo dengan metode bermain lempar bola dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri Watukumpul, serta bermanfaat untuk menambah inovasi metode pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...