Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Januari 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA

Khaer, Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan  hasil  belajar  siswa  dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I persentase observasi siswa 74% (baik) sedangkan pada siklus II persentase skor untuk observasi siswa 86% (amat baik). Dari  hasil  evaluasi  mandiri  pada  siklus  I  nilai  rata-rata  75,6 dan persentase ketuntasan 74,3% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 75,7 dan persentase ketuntasan 82,9%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa indikator keberhasilan telah  tercapai  sesuai  dengan  yang  diharapkan  yaitu  sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai  68. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar  pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...