Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Mei - Agustus 2020

PENERAPAN PROGRAM SYSTEM BLOCK MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA

Rusmitaningsih, Fika Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2020

Abstract

Pembelajaran renang gaya dada dengan tatap muka tiga kali dalam satu semester membuat pembelajaran tidak efektif. Banyak peserta didik yang tidak tuntas dan terjadi banyak kesalahan gerak. Kesalahan gerak ini terjadi pada proses belajar gerak yang kurang diperhatikan dengan baik sehingga produk gerak yang dihasilkan zero transfer (pengalaman belajar gerak tidak berpengaruh). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan hasil belajar renang gaya dada. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus menggunakan empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR 1 SMK Negeri 3 Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (non tes) dan tes. Hasil penelitian pada data nontes siklus I indikator daya tahan peserta didik 44,45 % cukup kompeten dan 22,22% kompeten, sedangkan pada siklus II data indikator  daya tahan siswa meningkat menjadi 76,48% sangat kompeten dan 14,70 % peserta didik kompeten . Hasil ini berpengaruh pada hasil belajar peserta didik pada penilaian keterampilan renang gaya dada 50 meter. Daya tahan yang belum terbentuk pada siklus I membuat hasil belajar peserta didik rendah yaitu hanya 44,12% saja yang tuntas. Sedangkan pada siklus II daya tahan yang telah meningkat sehingga membuat hasil belajar juga meningkat yaitu 91,18% peserta didik yang di atas KKM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...