Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi objektif pelaksanaan layanan penguasaan konten, mengetahui tingkat komunikasi interpersonal pada siswa, menghasilkan model layanan penguasaan konten berbasis tugas-tugas perkembangan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa, mengetahui efektivitas model layanan penguasaan konten berbasis tugas-tugas perkembangan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak yang berjumlah 98 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dengan jumlah sebanyak 10 siswa. Hasil secara umum dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model layanan penguasaan konten berbasis tugas-tugas perkembangan efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Tingkat komunikasi interpersonal siswa sebelum diberi layanan penguasaan konten adalah 65,27% dan setelah diberi layanan penguasaan konten meningkat menjadi 79,34%.
Copyrights © 2015