Articles
61 Documents
LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN KELOMPOK BELAJAR
Lestari, Sri
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan rendahmelalui pemanfaatan kelompok belajar. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakankelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapanmeliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa dari data empirik diperoleh, melalui penerapan layanan bimbingan belajardengan memanfaatkan kelompok belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa denganketuntasan rendah.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK POWER POINT
-, Muidah
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa menggunakan layanan informasi dengan teknik power point. Subyek penelitian yaitu 30 siswa kelas VII-H dengan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskiptif kuantitatif dengan membandingkan antara data data yang diperoleh pada saat kondisi awal sebelum diadakan tindakan, dibandingkan dengan data yang diperoleh setelah melalui tindakan pada siklus pertama dan melalui tindakan pada siklus kedua. Kata Kunci: Hasil Belajar; Layanan Informasi; Minat Belajar
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Setyo Astuti, Naning Dwi
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar peningkatan motivasi belajar sebelumdan sesudah diberikan layanan konseling kelompok pada siswa. Subyek penelitian yaitu 10 siswakelas VIII A dengan metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, observasi danwawancara. Analisis data dalam penelitian tindakan bimbingan konseling dilakukan dengananalisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil pelaksanaan layanan konseling kelompok untukmeningkatkan motivasi belajar siswa mendapatkan skor rata-rata 75, 90.
UPAYA PENGUBAHAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MODEL CBT
Mega Ralasari, Tri
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Upaya pengubahan perilaku membolos peserta didik dari hasil pengamatan terdapat 5 peserta didikyang memiliki kecenderungan perilaku membolos cukup intens. Tujuan penelitian yaitu untukmendapatkan gambaran dan peningkatan hasil upaya pengubahan perilaku membolos melaluilayanan konseling kelompok. Subyek penelitian berjumlah 5 peserta didik dengan metodepengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yangselanjutnya akan dianalisis menggunakan analisis secara deskriptif melalui matriks. Hasilpenelitian pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik CBT (Cognitive BehavioralTherapy) dan teknik realitas dapat mengurangi perilaku membolos peserta didik.
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK LATIHAN SAYA BERTANGGUNGJAWAB
Numri, M. Zamroni
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Kemandirian belajar siswa kelas 7A di SMP 1 Kedungwuni dari hasil pengamatan terdapat 11siswa yang termasuk kategori rendah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakahkemandirian belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan tekniklatihan saya bertanggungjawab dan untuk mengetahui hasil layanan penguasaan konten denganteknik latihan saya bertanggungjawab. Subyek penelitian berjumlah 11 siswa dengan metodepengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, angket, dan observasi yang selanjutnya akandianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase.Hasil penelitian pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik latihan sayabertanggungjawab dapat meningkatkan kemandirian belajar belajar siswa dengan skor rata-rata 3,6atau 73%.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK FILMED MODEL
-, Sutopo
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi belajar siswa, untuk mengetahuipelaksanaan layanan informasi dengan teknik filmed model dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hasil layanan informasi dengan teknik filmed model dalammeningkatkan motivasi belajar siswa. Subyek penelitian berjumlah 26 siswa kelas IX.6 denganmetode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, angket, dan observasi yang selanjutnyaakan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumusprosentase. Hasil pelaksanaan layanan informasi dengan teknik filmed model dapat meningkatkanmotivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 3,4 atau 96,15 %.
PENGEMBANGAN INVENTORI PEMINATAN KARIR (IPK) SEBAGAI ALAT UKUR ARAH PILIH KARIR SISWA
Marlina, Erni;
Arifin Ahmad, M.;
Pandang, Abdullah
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa peserta didik tamatan jenjang pendidikan dasaryang memasuki sekolah kejuruan, belum semuanya didasarkan atas peminatan peserta didik yangdidukung oleh potensi dan kondisi diri secara memadai sebagai modal pengembangan potensisecara optimal, seperti kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat, minat dan kondisi fisik sertasosial budaya dan minat karir mereka. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui inventoripeminatan karir bidang keahlian bisnis manajemen efektif dalam menggambarkan kemampuanbelajar siswa pada jurusan bisnis manajemen. Penelititan ini menggunakan tehnik pengumpulandata melalui angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa InventoriPeminatan Karir efektif untuk mengukur peminatan secara akurat.
UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA
Roshita, Ita
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Sopan santun adalah budi pekerti yg baik, tata karma, peradaban, dan kesusilaan. Tujuanpenelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah melalui layanan bimbingan kelompok dengan tekniksosiodrama dapat meningkatkan perilaku sopan santun siswa. Subyek penelitian yaitu 10 siswadari kelas VII C dengan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dandokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tindakan deskriptifkuantitatif dan analisis observasi. Hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan tekniksosiodrama dapat meningkatkan perilaku sopan santun siswa.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Aziz, Abdul
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dapatmeningkatkan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian yaitu 8 siswa kelas IX D dengan metodepengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknikanalisis data dalam penelitian ini menggunakan tindakan deskriptif kuantitatif dan analisisobservasi. Hasil pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan prestasi belajarsiswa mendapatkan skor rata-rata 84,54
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME WORK ASSIGMENT
Wahyuni, Endang
Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling Vol 1, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, untuk mengetahuipelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknikhome work assigment dalammeningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hasil layanan bimbingan kelompokdengan teknikhome work assigment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Subyek penelitianberjumlah 30 siswa Kelas VIII.6 dengan metode pengumpulan datanya menggunakandokumentasi, angket, dan observasi yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan analisisdeskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase. Hasil pelaksanaan layananbimbingan kelompok dengan teknikhome work assigment dapat meningkatkan motivasi belajarsiswa sebesar 100%