Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Vol 2, No 2 (2016): Edisi Mei 2016

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA

-, Tarno (Program Studi BK, FKIP Universitas Muhammadiyah Buton, Sultra)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan layanan bimbingan pribadi sosial; konsep diri siswa dan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas layanan bimbingan pribadi sosial dengan konsep diri siswa. Penelitian menggunakan metode pre-experimental desain yaitu untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan pribadi sosial dengan konsep diri siswa. Data dalam penelitian ini di analisis dengan deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis uji t. Hasil akhir analisis deskriptif kondisi awal (pre-test) diperoleh bahwa skor layanan konsep diri siswa tertinggi 110, terendah 86 dengan rata-rata 99 dan standar deviasi sebesar 7,73 Untuk (post-test) konsep diri siswa nilai tertinggi 152, terendah 133 dengan rata-rata 142,69 dan standar deviasi sebesar 5,424 Hasil analisis inferensial yaitu untuk menguji hipotesis dengan menggunakan rumus SPSS Versi 17.0 for windows diperoleh nilai t hitung= -22.344 yang lebih besar dari rtabel=2,797. Selanjutnya hasil efektivitas dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = -22,344 < ttabel = 2,979. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial efektif mengembangkan konsep diri siswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian maupun telaah pustaka dalam lingkup praktik penelitian tindakan kelas bimbingan & ...