Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Vol 2, No 2 (2016): Edisi Mei 2016

PENINGKATAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING

-, Warisi (SMA Negeri 3 Tegal, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2016

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah layanan informasi yang diberikan melalui ceramah kurang mendapat respon dari peserta didik  karena cenderung monoton. Peserta didik lebih banyak pasif dan kurang tertarik berdiskusi. Untuk itulah peneliti melakukan upaya peningkatan motivasi peserta didik melalui layanan informasi dengan teknik Modeling. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling yang terselesaikan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor post test siklus I sebesar 53% atau dalam kategori sangat tinggi, 31 % dengan kategori tinggi, 16% rendah, dan 0% sangat rendah. Hasil post tes siklus II, sebesar 53% dengan kategori sangat tinggi, 47% berkategori tinggi, dan tidak ada peserta dengan kategori rendah dan sangat rendah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian maupun telaah pustaka dalam lingkup praktik penelitian tindakan kelas bimbingan & ...