Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Vol 2, No 2 (2016): Edisi Mei 2016

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BK MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Retnowati, Tuti (Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kota Balikpapan)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal di kelas pada sekolah binaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan guru bimbingan konseling SMKN 1 , SMKN 3 dan SMKN6 Balikpapan dengan indikator keberhasilan >90.0. Penelitian ini diawali dengan pelaksanaan supervisi akademik pelaksanaan bimbingan klasikal kepada guru BK SMKN sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Setelah dilakukan penelitian tindakan sekolah, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru BK melaksanakan program bimbingan konseling sangat penting dan wajib dilaksanakan di sekolah dan semua sekolah  melaksanakan program bimbingan dan konseling yang direncanakan dan dibuat, walaupun masih ada guru yang berlatar belakang bukan bimbingan konseling.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian maupun telaah pustaka dalam lingkup praktik penelitian tindakan kelas bimbingan & ...