Masalah yang ada adalah rendahnya kemampuan guru Kelas I se Sekolah Binaan IV menerapkan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui efektifitas Peer Teaching dalam meningkatkan kemampuan guru kelas I menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Subyek penelitian adalah guru kelas I sejumlah 7 orang dari 7 SDN yang ada di Sekolah Binaan IV sekaligus sebagai tempat penelitian. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus meliputi kegiatan: a) Rencana (Planing), b) Pelaksanaan (action), c) observasi, dan d). Refleksi. Dalam pelaksanaan setiap siklus ada beberapa kegiatan pelaksanaan: 1). Pendalaman materi tentang implikasi pembelajaran tematik terpadu, 2) Menyusun RPP, 3) Kegiatan Peer Teaching.Hasil penelitian siklus I ke siklus II menunjukkan suatu peningkatan , untuk minat guru, mencapai nilai rata-rata 90,2 dengan kategori “Sangat Baik” ,pada kemampuan menerapkan pembelajaran Tematik Terpadu dengan nilai selisih skor dari akhir siklus II rata-rata 89,35 dari keadaan sebelum tindakan yaitu 49.
Copyrights © 2019