Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 1, No 1 (2019): Juni 2019

SUPERVISI AKADEMIK BERNASIS OPEN CLASS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Ginawati, Sopiyah (SDN Klampok 01 Kecamatan Wanasari,Brebes.)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Supervisi Akademik berbasis Open Class dalam meningkatkan kemampuan guru kelas I-IV menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Proses penelitian tindakan sekolah (PTS) dilakukan di SDN Klampok 01 dengan subyek penelitian sejumlah 8 orang. Penelitian dilakukan  dalam 2 siklus yang setiap siklusnya ada 4 kegiatan, yaitu : a) Rencana (Planing), b) Pelaksanaan  (action), c) observasi dan evaluasi, dan d).  Refleksi.  Kegiatan pelaksanaan setiap siklus mencakup 4 materi, yaitu: 1).Pendalaman  materi tentang implikasi pembelajaran tematik terpadu, 2) mencermati / menyempurnakan RPP tematik terpadu, 3) Kegiatan Open Class   4) observasi Pelaksanakan  pembelajaran tematik terpadu. Melalui  pelaksanaan 2 siklus diperoleh hasil untuk kemampuan guru menerapkan pendekatan tematik terpadu dalam proses pembelajaran : rata-rata siklus I = 66,45, rata-rata hasil Siklus II = mencapai 87,58 dari kondisi sebelum tindakan yang hanya = 49,2. Sedangkan selisih skor yang dicapai dari sebelum tindakan sampai selesai tindakan (akhir siklus II ) adalah = 78 %  . Analisa data menyatakan penelitian akan dikatakan berhasil  bila ada selisih skor sebelum dan sesudah tindakan mencapai > 50 %. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ”Melalui supervisi akademik berbasis Open Class kemampuan guru  kelas I-IV menerapkan pendekatan Tematik terpadu dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan”

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...