Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 1, No 1 (2019): Juni 2019

PENGGUNAAN SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN TEMATIK GURU KELAS RENDAH

-, Suhartati (Suhartati SD Negeri Klampok 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru-guru kelas rendah dalam pembelajaran tematik melalui supervisi klinis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS). Subyek penelitian ini adalah guru-guru SD Klampok 02 sejumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data melalui dokumen kegiatan pembelajaran dan observasi (pengamatan) pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru meningkat, setelah dilakukan siklus I secara baik 14% pada siklus II meningkat 85% penelitian ini dapat tercapai setelah dilakukan supervisi klinis dengan lebih mempertajam indikator-indikator yang belum tercapai, berdasarkan analisis maka dapat disimpulkan bahwa supervisi klinis: 1. Dapat meningkatkan pembelajaran tematik guru-guru kelas rendah, 2. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik, 3. Dapat memotifasi guru mengembangkan kemampuannya melaksanakan pembelajaran tematik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...