Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 2, No 2 (2020): Oktober 2020

MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS KEMITRAAN

Qudsi Falkhi Taqqiya, Istianah (SMAN I Paiton Jawa Timur)
Yanto, Heri (Universitas Negeri Semarang,)
-, Kardoyo (Universitas Negeri Semarang,)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas terhadap keefektifan supervisi akademik. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh tidak langsung kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas terhadap keefektifan supervisi akademik melalui variabel intervening, yaitu komitmen pengawas dan hubungan kemitraan antara pengawas dan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM (Structural Equation Model). Hasil penelitian mengungkapkan kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas tidak berpengaruh langsung terhadap supervisi akademik. Komitmen pengawas dan hubungan kemitraan berpengaruh langsung terhadap keefektifan supervisi akademik. Komitmen pengawas dan hubungan kemitraan berfungsi sebagai variabel intervening dari kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas terhadap keefektifan supervisi akademik. Dengan demikian disimpulkan bahwa supervisi akademik akan terlaksana dengan efektif jika didukung oleh komitmen yang tinggi dari pengawas dan hubungan kemitraan yang baik antara pengawas dan guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...