JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 2, No 1 (2014): June 2014

Keefektifan Resource Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran

Ula Himatul Aliyah (Jurusan Matematika FMIPA UNNES)
Hardi Suyitno (Jurusan Matematika FMIPA UNNES)
Arief Agoestanto (Jurusan Matematika FMIPA UNNES)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran subpokok bahasan persamaan garis singgung lingkaran dan mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen dan kontrol telah mencapai ketuntasan klasikal. Keaktifan peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dalam pembelajaran mencapai kriteria sangat aktif. Kinerja guru selama pembelajaran mencapai kriteria sangat baik. Kelas eksperimen memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan penerapan Resource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning.Kata kunci: keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, resource based learning

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...