Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2004)

Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SLTP Negeri di Palangkaraya

Analaila Soufia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untulc (1) mendeskripsikan kualitas sarana dan prasarana belajar yang dimiliki siswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah, (2) mengetahui hubungan antara sarana dan prasarana belajar yang dimiliki siswa dengan minat belajar IPS; lingkungan keluarga dengan minat belajar IPS; lingkungan sekolah dengan minat belajar IPS; sarana dan prasarana belajar yang dimiliki siswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama dengan minat belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SLTP Negeri Palangkaraya tahun ajaran 2002/2003 sebanyak 1.340 siswa dengan sampel 194 siswa yang dipilih secara acak. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis secara deskriptif dan regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat belajar berada pada kategori baik. Dari perhitungan regresi, terungkap ketiga variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa. Besarnya sumbangan masing-masing variabel bervariasi. Sarana dan prasarana belajar yang dimiliki siswa memiliki sumbangan paling kecil. Dua variabel lain, yakni lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah juga memberikan sumbangan yang tidak begitu besar. Variabel yang memberikan sumbangan terbesar terhadap minat belajar siswa adalah lingkungan keluarga. Kata kunci: minat belajar, ilmu pengetabuan sosial

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...