RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 1 (2016)

Efektivitas Kerja Laboratorium Dengan Pendekatan Induktif Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015

Anita Purwanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Eko Setyadi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2016

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen semu guna mengetahui efektivitas kerja laboratorium dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini semua siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan masing-masing kelas 32 siswa. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sikap ilmiah pada kelas eksperimen 83,83% dengan gain0,524 dengan kategori sangat tinggi dan rata-rata keterampilan proses 81,52% dengan gain 0,499 dengan kategori sanagat tinggi. Penilaian kondisi laboratorium fisika diperoleh rata-rata 79,2% dengan kategori memenuhi standar. Rerata total keterlaksanaan pembelajaran pada dua pertemuan yaitu 3,63 dinyatakan baik dengan Percentage Agreement (PA) 97,11% dinyatakan sangat reliabel. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada hasil sikap ilmiah dan keterampilan proses dengan α = 0.05. Berdasarkan uji-t diperoleh tobservasi = 32,35 > 1,999 artinya H0 ditolak sehingga sikap ilmiah dengan pendekatan induktif meningkat, sedangkan pada keterampilan proses diperoleh tobservasi = 27,48 > 1,999 artinya H0 ditolak sehingga keterampilan proses dengan pendekatan induktif meningkat. Berdasarkan hasil tersebut maka kerja laboratorium dengan pendekatan induktif efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...