Jurnal Civicus
Vol 16, No 2 (2016): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2016

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN

Sulastri, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2016

Abstract

PKn dianggap ilmu yang sukar dan sulit dipahami. PKn adalah pelajaran formal yang berupa sejarah masa lampau, perkembangan sosial budaya, perkembangan teknologi, tata cara hidup bersosial, serta peraturan kenegaraan, sebagian besar siswa kurang aktif dan berfikir kritis dalam materi PKn. Menghadapi kenyataan di atas, penulis tertarik untuk melakukan perbaikan dalam pelajaran PKn, khususnya materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan melalui penerapan strategi pembelajaran Active Debate. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang pada hakekatnya merupakan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan sklala sikap. Adapun responden yang dijadikan sampel adalah 30 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukalaksana 2 Bandung. Hasil penelitian aktivitas siswa meningkat dalam kategori baik yaitu 80,40%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

civicus

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the ...