Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 1 PASAR WAJO

jurlin, Jurlin (Unknown)
ahiri, Jafar (Unknown)
B.D, Abdullah Igo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan:(1) bagaimana disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo, (2) bagaimana hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo dan (3) Apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Pasarwajo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) analisi deskriptif 23,73 % disiplin belajar berada dalam kelompok rata-rata, 45,75%  disiplin belajar berada dibawah kelompok  rata-rata dan 30,51%  disiplin belajar berada diatas kelompok rata-rata. Data ini mengidentifikasi bahwa sebagian besar, yaitu 30,51%  disiplin belajar berada diatas kelompok rata-rata. Data ini mengidentifikasi bahwa sebagian besar, yaitu 23,73% disiplin belajar dalam penelitian di SMA N 1 Pasarwajo memiliki skor disiplin belajar diatas kelompok rata-rata (2) deskriptif ditemukan bahwa 27,12%  Hasil belajar berada dikelompok rata-rata ,49,14% dan hasil belajar berada dibawah kelompok rata-rata, dan 23,73%  hasil belajar berada diatas kelompok rata-rata.dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar ekonomisiswa di SMA Negeri1 Pasarwajo, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi(ry)0,651dan koefisien determinasi 0,424. Dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan  antara disiplin belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Pasarwajo

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JOPSPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, ...