Dinamika Pendidikan
Vol 4, No 4 (2014): Edisi Oktober 2014

PENGGUNAAN MODUL BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN DI SMK

Yuniarti, Dina Sapti (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang)
Hudallah, Noor (Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang)
-, Hudallah (2SMK Texmaco Pemalang)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2014

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama berbasis internet dapat dimanfaatkan pula sebagai media pembelajaran yang salah satunya dapat diimplementasikan dalam electronic learning (e-learning). Pengembangan modul berbasis moodle menggunakan pendekatan Research and Development. Selanjutnya pengembangan media yang sudah dinyatakan layak akan digunakan pada proses eksperimen dengan quasi eksperimental nonequivalent control group design. Prasyarat eksperimen menyatakan dua kelas yang akan dijadikan sampel tidak ada beda sehingga proses eksperimen dapat dilakukan. Hasil pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen menyatakan kedua kelas tersebut tidak ada beda pada kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest namun kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Penggunaan modul berbasis moodle pada proses belajar mengajar lebih efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...