Dinamika Pendidikan
Vol 5, No 3 (2015): Edisi Juli 2015

PENERAPAN MODEL STAD DALAM PEMBELAJARAN MATERI AJAR PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI

Fauzia, Roisa Jamil (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang)
Hudallah, Noor (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang)
Supraptono, Eko (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
16 May 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkkan keterampilan dan aktivitas belajar siswa pada materi menggunakan perangkat lunak presentasi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 39 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan menggunakan perangkat lunak presentasi meningkat dilihat dari hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan pada tiap siklus. Meningkatnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dikarenakan adanya interaksi yang terjadi diantara siswa. Penerapan model ini dapat membuat siswa saling memotivasi, saling membantu dalam memecahkan permasalahan dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...