Dinamika Pendidikan
Vol 8, No 4 (2018): Edisi Oktober 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU

Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru  dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Adiwerna 03 Kec. Adiwerna Kab. Tegal tahun pelajaran 2017/2018dengan subjek penelitian adalah guru kelas I-VI yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan guru melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan standar proses; nilai rata-rata penyusunan RPP kondisi awal 58, pada siklus 1 meningkat menjadi 63, dan pada siklus 2 menjadi 74. Kesimpulan dalam penelitian ini  adalah kegiatan pembinaan guru melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP  dan meningkatkan keaktifan guru dalam mengimplementasikan RPP dalam kegiatan pembelajaran. Saran untuk kepala sekolah hendaknya melaksanakan supervisi akademik kepada guru-guru secara rutin dan berkelanjutan. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, RPP harus sudah disusun oleh guru sendiri dan diketahui kepala sekolah. Untuk dapat menyusun RPP yang baik sesuai standar proses guru perlu meningkatkan kemampuan menyusun RPP salah satunya melalui kegiatan supervisi akademik tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...