Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Adiwerna 03 Kec. Adiwerna Kab. Tegal tahun pelajaran 2017/2018dengan subjek penelitian adalah guru kelas I-VI yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan guru melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan standar proses; nilai rata-rata penyusunan RPP kondisi awal 58, pada siklus 1 meningkat menjadi 63, dan pada siklus 2 menjadi 74. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembinaan guru melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan meningkatkan keaktifan guru dalam mengimplementasikan RPP dalam kegiatan pembelajaran. Saran untuk kepala sekolah hendaknya melaksanakan supervisi akademik kepada guru-guru secara rutin dan berkelanjutan. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, RPP harus sudah disusun oleh guru sendiri dan diketahui kepala sekolah. Untuk dapat menyusun RPP yang baik sesuai standar proses guru perlu meningkatkan kemampuan menyusun RPP salah satunya melalui kegiatan supervisi akademik tersebut.
Copyrights © 2018