Peningkatan hasil belajar gerak dasar permainan sepak bola melalui penggunaan bola plastik pada siswa kelas IV SD Negeri Adiwerna 01 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 masih rendah. Dengan KKM 75 hanya terdapat 9 dari 27 siswa yang tuntas (33,33%). Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar digunakan pembelajaran melalui bola plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran melalui bola plastik pada siswa. Hasil penelitian memperoleh data peningkatan rata-rata klasikal dari kondisi awal sebesar 65 menjadi 75 pada siklus I dan 79 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hanya sebesar 33,33%, pada siklus I mencapai 62,96% serta pada Siklus II meningkat mencapai 85,19%. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk menerapkan pembelajaran melalui penggunaan bola plastik sebagai alat bantu serta memperhatikan kesesuaian materi dan karakteristik siswa, hendaknya guru memberikan bimbingan yang lebih intensif pada saat siswa mempraktikkan gerakan dasar permainan sepak bola, sehingga gerakan yang dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Copyrights © 2019