Didaktikum
Vol 19, No 3 (2019): Agustus – Desember 2019

PENERAPAN IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR

-, Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah melalui In House Training (IHT) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar; 2) mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar setelah pelaksanaan In House Training (IHT). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SDN Penyalahan 01 Kecamatan Jatinegara. Subjek penelitian ini adalah guru SDN Penyalahan 01 yang berjumlah 6 orang guru kelas dan 2 guru mapel. Metode pengumpulan data meliputi observasi, Skenario pembelajaran, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil siklus I, ada peningkatan  kompetensi guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dari 8 orang guru yang terlibat, 5 orang guru sudah mendapat skor dengan kategori “baik” sedangkan 3 orang dengan kategori “cukup”. Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan kategori “baik”. Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktikum

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...