Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 1 (2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS V-B SDN 24 KENDARI

Jusmaniar, Jusmaniar (Unknown)
Rabani, La (Unknown)
M, Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V-B melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) di SD Negeri 24 Kendari. Prosedur penelitian ini yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat 17 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 75 dengan ketuntasan sebesar 68%, dan terdapat 8 orang siswa atau 32% yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 73,14. Siklus II terdapat 21 siswa telah mencapai nilai ≥ 75 dengan ketuntasan sebesar 84%, dan terdapat 4 orang siswa atau 16% yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 86,46.Kata kunci: Kemampuan membaca pemahaman; Strategi Directed Reading Thinking                   Activity (DRTA)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...