Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 1 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Vc PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SD NEGERI 19 KENDARI

Rudin, Suci Ramadhani (Unknown)
Abas, Muhamad (Unknown)
R, La Ode Rafiuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vc  SDN 19 Kendari melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan ”. Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasise dangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 16 dari  28 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan klasikal atau 57,14% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,3. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan  yaitu terdapat 23 dari 28 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan belajar atau 82,14% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,03.Kata Kunci: Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar IPS

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...