Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vc SDN 19 Kendari melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan â€. Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasise dangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 16 dari 28 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan klasikal atau 57,14% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,3. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 23 dari 28 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan belajar atau 82,14% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,03.Kata Kunci: Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar IPS
Copyrights © 2020