Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling

PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BUDI PEKERTI

RINA, NI NYOMAN (Unknown)
SEDANAYASA, GEDE SEDANAYASA (Unknown)
SETUTI, NI MADE (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Bimbingan Belajar Melalui Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan  Motivasi Belajar Mata Pelajaran Budi Pekerti Terhadap SiswaKelas VII A1 SMP N 2 Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A1 SMP Negeri 2 Sawan yang berjumblah 11 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pencatatan dokumen, sosiometri, observasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran budi pekerti antara sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Peningkatan diketahui dari pencapaian motivasi belajar siswa yaitu dari 55.4% menjadi 68% dan peningkatannya adalah 22.30% pada siklus I. Pada siklus II pencapaian motivasi belajar siswa yaitu 68% menjadi 86.18% dan peningkatannya adalah 29.51%. Kesimpulannya, bahwa bimbingan belajar melalui tutor sebaya terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran budi pekerti. Berdasarkan hal tersebut, disarankan kepada: 1) kepala sekolah supaya menugaskan guru budi pekerti sesuai dengan latar belakang pendidikan, 2) para guru budi pekerti lebih rajin masuk kelas karena guru budi pekerti adalah guru yang bertanggung jawab dalam membimbing siswa untuk disiplin dikelas, 3) siswa diharapkan lebih mandiri dalam belajar budi pekerti misalnya dengan cara membaca buku atau berdiskusi dengan teman manakala guru tidak masuk kelas, 4) tutor diharapkan bisa menularkan cara-cara belajar yang efektif kepada siswa lain dan bisa memotivasi siswa lain tentang bagaimana cara belajar yang berhasil.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...