Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata melalui penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan lembar kerja siswa word square dan (2) untuk mengetahui respon siswa kelas XI Bahasa 2 SMA N 1 Sawan terhadap penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan lembar kerja siswa word square. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa 2 SMAN 1 Sawan tahun ajaran 2014/2015, sebanyak 26 orang. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, (3) kuesioner, dan (4) wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes penguasaan kosakata bahasa Jepang dalam penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan lembar kerja siswa word square menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan presentase ketuntasan kelas sebesar 73% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan lembar kerja siswa word square dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI Bahasa 2 SMAN 1 Sawan, (2) siswa merasakan manfaat dari penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan lembar kerja siswa word square. dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan dan penguasaan kosakata menjadi lebih baik. Kata Kunci : Kata kunci : kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), lembar kerja siswa word square, penguasaan kosakata, bahasa Jepang ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ï¼ˆ1)サワン国立第一高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹ï¼‘1年生2組ã®ã€Œãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ã‚¹ã‚¯ã‚¨ã‚¢ã€ã‚’使用ã—㟠NHT(Numbered Heads Together) å¦ç¿’法ã«ã‚ˆã‚‹æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã®å‘上を知るã“ã¨(2) åŒä¸Šå¦ç¿’者ãŒã€Œãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ã‚¹ã‚¯ã‚¨ã‚¢ã€ã‚’使用ã—ãŸNHT (Numbered Heads Together) å¦ç¿’法を授æ¥å†…ã§ä½¿ç”¨ã—ãŸå ´åˆã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ï¼’å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æŽˆæ¥å®Ÿè·µæ´»å‹•調査ã§ã‚る。調査対象者ã¯2014年度サワン国立第一高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹ï¼‘1年生2組ã®26åã§ã‚る。データã¯è¦³å¯Ÿã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆãŠã‚ˆã³ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚ãれを定性的定é‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚分æžã®çµæžœã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã«ãŠã„ã¦ã¯ï¼ˆ1)1周期終了時ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã§ã¯æ¨™æº–ã‚’è¶ŠãˆãŸå¦ç¿’者ãŒ73ï¼…,2周期終了時ã§ã¯100ï¼…ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“ã®çµæžœã‹ã‚‰ã€Œãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ã‚¹ã‚¯ã‚¨ã‚¢ã€ã‚’使用ã—ãŸNHT(NumberedHeadsTogether)å¦ç¿’法ã¯å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã‚’é«˜ã‚られるã¨ã„ã†ã“ã¨ãŒã‚ã‹ã‚‹ã€‚(2)å¦ç¿’者ã¯ã“ã®å¦ç¿’ãŒæ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã‚’å¢—ã‚„ã™ãŸã‚ã«åŠ¹æžœãŒã‚ã‚‹ã¨æ„Ÿã˜ã¦ã„る。ãã‚Œã¯æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ãŒèˆˆå‘³ã‚ã‚‹ã‚‚ã®ã¨ãªã‚Šã€èªžå½™åŠ›ãŒå¢—ãˆã¦ã„ã‚‹ã¨æ„Ÿã˜ã¦ ã„ã‚‹ã“ã¨ã‹ã‚‰ã‚ã‹ã‚‹ã€‚ keyword : NHT(Numbered Heads Together) å¦ç¿’法ã€ã€Œãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ã‚¹ã‚¯ã‚¨ã‚¢ã€ã€èªžå½™åŠ›ã€ æ—¥æœ¬èªž
Copyrights © 2015