Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi pembelajaran (4) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 3 Singaraja.. Subjek penelitian ini adalah guru senior pengajar bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran bahasa Jepang sudah terlihat secara eksplisit dan implisit dalam KI, KD, indikator pencapaian KD, materi, pendekatan, metode, strategi, media, langkah-langkah pembelajaran dan evaluasi pembelajaran (2) implementasi pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang sudah terlihat mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti sampai kegiatan penutup pembelajaran. Namun nilai-nilai karakter tersebut tidak sepenuhnya sesuai dengan nilai karakter yang terkandung di dalam RPP (3) Implementasi pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan oleh guru. Pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak melakukan penilaian sesuai dengan format yang dibuat dalam RPP (4) Kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah kurangnya sarana prasarana pendukung pembelajaran seperti buku panduan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam RPP, buku ajar berbasis pendidikan karakter, dan banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas yang mengakibatkan sulitnya menerapkan evaluasi pembelajaran sesuai RPP. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Jepang ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1) å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ãŸæ•™è‚²çš„特長ã®é‹ç”¨ã€(2) å¦ç¿’指導ã€(3) å¦ç¿’評価ã€(4) シンガラジャ国立第三高ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã®æ•™è‚²çš„特長をé‹ç”¨ã™ã‚‹éš›ã€æŒ‡å°Žè€…ãŒç›´é¢ã™ã‚‹å•題点を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£å›½ç«‹ç¬¬ä¸‰é«˜ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžç§‘主任教師ã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ュー 資料ã«ã‚ˆã£ã¦åŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯æ¬¡ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1) 日本語å¦ç¿’計画ã«ãŠã‘る教育的特長ã®é‹ç”¨ã¯ã€åŸºç¤Žèƒ½åŠ›ï¼ˆï¼«ï¼©ï¼‰ã€é”æˆèƒ½åŠ›ï¼ˆï¼«ï¼¤ï¼‰ã€é”æˆèƒ½åŠ›ã®æŒ‡é‡ã€é¡Œæã€ã‚¢ãƒ—ãƒãƒ¼ãƒã€ãƒ¡ã‚½ãƒƒãƒ‰ã€æŒ‡å°Žæ³•ã€æ•™æã€é€²è¡Œçжæ³ã€å¦ç¿’評価ã®ä¸ã§ç”¨ã„られã¦ã„る。(2) å¦ç¿’指導ã«ãŠã‘る教育的特長ã®é‹ç”¨ã§ã¯ã€æŽˆæ¥é–‹å§‹æ™‚ã€æŽˆæ¥ä¸ã€æŽˆæ¥çµ‚了時ã§èªã‚られるãŒã€å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ã¦ã„ãªã„ã‚‚ã®ã‚‚ã‚る。(3) å¦ç¿’評価ã«ãŠã„ã¦ã¯ã€ã¾ã å分用ã„られã¦ã„ã‚‹ã¨ã¯è¨€ãˆãªã„。å¦ç¿’指導ã«ãŠã„ã¦ã€å¦ç¿’計画書ã©ãŠã‚Šã«è¡Œã‚れã¦ã„ãªã„ã‚‚ã®ãŒã‚る。(4)ã€€æ•™å¸«ãŒæŠ±ãˆã‚‹å•題点ã¨ã—ã¦ã€å¦ç¿’環境ã€ç‰¹ã«æ•™è‚²çš„特長を表ã™å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ãŸæŒ‡å°Žè¦é …や教科書ãªã©ã®ä¸å‚™ãŒæŒ™ã’られる。ã¾ãŸã€ä¸€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®ç”Ÿå¾’æ•°ãŒå¤šã„ãŸã‚ã€å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ãŸè©•価を行ã†ã“ã¨ãŒå›°é›£ã§ã‚ã‚‹ã“ã¨ãŒã‚ã‹ã‚‹ã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1) å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ãŸæ•™è‚²çš„特長ã®é‹ç”¨ã€(2) å¦ç¿’指導ã€(3) å¦ç¿’評価ã€(4) シンガラジャ国立第三高ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã®æ•™è‚²çš„特長をé‹ç”¨ã™ã‚‹éš›ã€æŒ‡å°Žè€…ãŒç›´é¢ã™ã‚‹å•題点を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£å›½ç«‹ç¬¬ä¸‰é«˜ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžç§‘主任教師ã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ュー 資料ã«ã‚ˆã£ã¦åŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯æ¬¡ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1) 日本語å¦ç¿’計画ã«ãŠã‘る教育的特長ã®é‹ç”¨ã¯ã€åŸºç¤Žèƒ½åŠ›ï¼ˆï¼«ï¼©ï¼‰ã€é”æˆèƒ½åŠ›ï¼ˆï¼«ï¼¤ï¼‰ã€é”æˆèƒ½åŠ›ã®æŒ‡é‡ã€é¡Œæã€ã‚¢ãƒ—ãƒãƒ¼ãƒã€ãƒ¡ã‚½ãƒƒãƒ‰ã€æŒ‡å°Žæ³•ã€æ•™æã€é€²è¡Œçжæ³ã€å¦ç¿’評価ã®ä¸ã§ç”¨ã„られã¦ã„る。(2) å¦ç¿’指導ã«ãŠã‘る教育的特長ã®é‹ç”¨ã§ã¯ã€æŽˆæ¥é–‹å§‹æ™‚ã€æŽˆæ¥ä¸ã€æŽˆæ¥çµ‚了時ã§èªã‚られるãŒã€å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ã¦ã„ãªã„ã‚‚ã®ã‚‚ã‚る。(3) å¦ç¿’評価ã«ãŠã„ã¦ã¯ã€ã¾ã å分用ã„られã¦ã„ã‚‹ã¨ã¯è¨€ãˆãªã„。å¦ç¿’指導ã«ãŠã„ã¦ã€å¦ç¿’計画書ã©ãŠã‚Šã«è¡Œã‚れã¦ã„ãªã„ã‚‚ã®ãŒã‚る。(4)ã€€æ•™å¸«ãŒæŠ±ãˆã‚‹å•題点ã¨ã—ã¦ã€å¦ç¿’環境ã€ç‰¹ã«æ•™è‚²çš„特長を表ã™å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ãŸæŒ‡å°Žè¦é …や教科書ãªã©ã®ä¸å‚™ãŒæŒ™ã’られる。ã¾ãŸã€ä¸€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®ç”Ÿå¾’æ•°ãŒå¤šã„ãŸã‚ã€å¦ç¿’è¨ˆç”»ã«æ²¿ã£ãŸè©•価を行ã†ã“ã¨ãŒå›°é›£ã§ã‚ã‚‹ã“ã¨ãŒã‚ã‹ã‚‹ã€‚keyword : é‹ç”¨ã€æ•™è‚²çš„ç‰¹é•·ã€æ—¥æœ¬èªžå¦
Copyrights © 2015