Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol 1, No 2 (2015)

PROFIL PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DASAR DI SMA NEGERI 1 NEGARA

., Ni Kadek Hadiningsih (Unknown)
., I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si (Unknown)
., Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan variasi pembelajaran bahasa Jepang dasar di SMA Negeri 1 Negara, (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar dan (3) Mendeskripsikan apa yang menjadi kendala dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar di SMA Negeri 1 Negara. Data ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Negara. Data dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Negara menggunakan variasi pembelajaran dounyuu atau pengenalan dengan menggunakan bahasa Indonesia, pada (latihan dasar/Kihon renshuu) terutama dalam melatih kosakata guru menggunakan latihan Hanpuku renshuu/pengulangan, pada saat melatih kosakata dalam sebuah kalimat menggunakan latihan Dainyuu renshuu/penggantian, pada latihan tanya jawab menggunakan latihan Outou renshuu, dan pada latihan Ouyou renshuu/penerapan guru menggunakan teknik wawancara ( information gap ) dan role play (2) guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Negara menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa, kondisi di kelas, dan materi yang diajarkan.(3) Kendala yang ada dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar di SMA Negeri 1 Negara adalah pada saat ( Dounyuu/pengenalan) guru jarang menggunakan bahasa Jepang dengan siswa, pada latihan(Kihonrenshuu/Latihan dasar) guru jarang menggunakan latihan ( Henkan renshuu/latihan pengubahan), pengetahuan siswa memahami huruf jepang masih kurang, media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang terbatasKata Kunci : profil, pembelajaran, bahasa Jepang dasar 要旨 この研究の目的は、(1)ヌガラ国立第一高等学校の基礎日本語学習の学習法の種類、(2)同校の基礎日本語学習の学習法で使用される基 本要素、(3)同校で基礎日本語学習の中にある問題点を明示することである。データは、インタビュー、ドキュメント映像、授業観察により収集し、それを定性的記述法により分析した。研究の対象は、ヌガラ国立第一高等学校日本語科教師である。研究の結果は以下の通りである。(1)ヌガラ国立第一高等学校の日本語教師は、導入および語彙の基本練習、反復練習においてインドネシア語を使用し、文章に語句を当てはめる練習では代入練習、質疑応答では応答練習、応用練習ではインフォメーションギャップ、ロールプレイを使用している。(2)同校の日本語指導者は、教室内での学習者の特性や条件に基づいて学習法 および学習内容を選択する。(3)同校日本語指導者が直面する問題点は、学習者と日本語で 接することがほとんどない。基本練習の なかで 変換練習がほとんどなく、学習者の日本語文字の理解も不足している。また、教材の不足教授法にもまだ 問題があると思われる。keyword : 紹介、学習、基礎日本語学習

Copyrights © 2015