Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan variasi pembelajaran bahasa Jepang dasar di SMA Negeri 1 Negara, (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar dan (3) Mendeskripsikan apa yang menjadi kendala dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar di SMA Negeri 1 Negara. Data ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Negara. Data dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Negara menggunakan variasi pembelajaran dounyuu atau pengenalan dengan menggunakan bahasa Indonesia, pada (latihan dasar/Kihon renshuu) terutama dalam melatih kosakata guru menggunakan latihan Hanpuku renshuu/pengulangan, pada saat melatih kosakata dalam sebuah kalimat menggunakan latihan Dainyuu renshuu/penggantian, pada latihan tanya jawab menggunakan latihan Outou renshuu, dan pada latihan Ouyou renshuu/penerapan guru menggunakan teknik wawancara ( information gap ) dan role play (2) guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Negara menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa, kondisi di kelas, dan materi yang diajarkan.(3) Kendala yang ada dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar di SMA Negeri 1 Negara adalah pada saat ( Dounyuu/pengenalan) guru jarang menggunakan bahasa Jepang dengan siswa, pada latihan(Kihonrenshuu/Latihan dasar) guru jarang menggunakan latihan ( Henkan renshuu/latihan pengubahan), pengetahuan siswa memahami huruf jepang masih kurang, media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang terbatasKata Kunci : profil, pembelajaran, bahasa Jepang dasar è¦æ—¨ ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆï¼‘)ヌガラ国立第一高ç‰å¦æ ¡ã®åŸºç¤Žæ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã®å¦ç¿’法ã®ç¨®é¡žã€ï¼ˆï¼’ï¼‰åŒæ ¡ã®åŸºç¤Žæ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã®å¦ç¿’法ã§ä½¿ç”¨ã•れる基 本è¦ç´ ã€ï¼ˆï¼“ï¼‰åŒæ ¡ã§åŸºç¤Žæ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã®ä¸ã«ã‚ã‚‹å•題点を明示ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。データã¯ã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ãƒ‰ã‚ãƒ¥ãƒ¡ãƒ³ãƒˆæ˜ åƒã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ãƒŒã‚¬ãƒ©å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžç§‘教師ã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯ä»¥ä¸‹ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1)ヌガラ国立第一高ç‰å¦æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžæ•™å¸«ã¯ã€å°Žå…¥ãŠã‚ˆã³èªžå½™ã®åŸºæœ¬ç·´ç¿’ã€å復練習ã«ãŠã„ã¦ã‚¤ãƒ³ãƒ‰ãƒã‚·ã‚¢èªžã‚’使用ã—ã€æ–‡ç« ã«èªžå¥ã‚’当ã¦ã¯ã‚ã‚‹ç·´ç¿’ã§ã¯ä»£å…¥ç·´ç¿’ã€è³ªç–‘応ç”ã§ã¯å¿œç”ç·´ç¿’ã€å¿œç”¨ç·´ç¿’ã§ã¯ã‚¤ãƒ³ãƒ•ォメーションギャップã€ãƒãƒ¼ãƒ«ãƒ—レイを使用ã—ã¦ã„ã‚‹ã€‚ï¼ˆï¼’ï¼‰åŒæ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…ã¯ã€æ•™å®¤å†…ã§ã®å¦ç¿’者ã®ç‰¹æ€§ã‚„æ¡ä»¶ã«åŸºã¥ã„ã¦å¦ç¿’法 ãŠã‚ˆã³å¦ç¿’å†…å®¹ã‚’é¸æŠžã™ã‚‹ã€‚ï¼ˆï¼“ï¼‰åŒæ ¡æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…ãŒç›´é¢ã™ã‚‹å•題点ã¯ã€å¦ç¿’è€…ã¨æ—¥æœ¬èªžã§ã€€æŽ¥ã™ã‚‹ã“ã¨ãŒã»ã¨ã‚“ã©ãªã„。基本練習ã®ã€€ãªã‹ã§ã€€å¤‰æ›ç·´ç¿’ãŒã»ã¨ã‚“ã©ãªãã€å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžæ–‡å—ã®ç†è§£ã‚‚ä¸è¶³ã—ã¦ã„る。ã¾ãŸã€æ•™æã®ä¸è¶³æ•™æŽˆæ³•ã«ã‚‚ã¾ã  å•題ãŒã‚ã‚‹ã¨æ€ã‚れる。keyword : 紹介ã€å¦ç¿’ã€åŸºç¤Žæ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’
Copyrights © 2015