Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektivan model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menulis huruf hiragana setelah menggunakan model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran interaktif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Bangli tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 orang. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, sebelum menggunakan model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran interaktif hasil nilai rata-rata pre-test adalah 64. Kemudian, setelah menggunakan model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran interaktif nilai rata-rata post-test adalah 75 pada siklus I dan 86 pada siklus II. Ketuntasan siklus I adalah 52,38% dan 100% pada siklus II. Oleh karena itu, penggunaan model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Dari hasil analisis angket, siswa memberikan respon positif mengenai penerapan model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran interaktif, dan kemampuan menulis huruf hiragana siswa menjadi meningkat. Kata Kunci : Quantum Teaching, Multimedia pembelajaran interaktif, kemampuan menulis hiragana ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ã²ã‚‰ãŒãªè¡¨è¨˜èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«ä½¿ç”¨ã™ã‚‹Quantum Teachingã¨ã€€ã‚¢ãƒ‹ãƒ¡ãƒ¼ã‚·ãƒ§ãƒ³ã€€ã®ã€€å¦ç¿’効果ã«ã¤ã„ã¦ã€ã¾ãŸã€å¦ç¿’者ãŒQuantum Teaching を 用ã„ãŸå¾Œã«ã€€ã©ã®ã‚ˆã†ãªå応ãŒã€€ã‚ã£ãŸã‹ã€€ã‚’ 明らã‹ã€€ã«ã€€ã™ã‚‹ã€€ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®ã€€å¯¾è±¡ã¯ã€ã€€2014年度 国立第一高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹10年生ã®ã€€ç”Ÿå¾’21å ã§ã‚る。データã¯ã€ã€€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€è³ªå•アンケートã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã£ã¦åŽãƒãƒ³ã‚°ãƒªé›†ã—ã€ãれを 定性的ãŠã‚ˆã³å®šé‡çš„記述法ã«ã‚ˆã£ã¦åˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã€€ã®ã€€çµæžœã€Quantum Teaching を使用ã™ã‚‹ã€€ã¾ãˆã®ã€€ãƒ—レテスト ã®ã€€å¹³å‡ã€€ç‚¹ã€€ãŒã€€64点 ã€ä½¿ç”¨å¾Œã®ä¸€å›žç›®ã€€ã®ã€€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€€ã¯ã€€å¹³å‡ç‚¹ã€€75点 ã€äºŒå›žç›®ã€€ã¯ã€€å¹³å‡ç‚¹86点 ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã¾ãŸã€æ¨™æº–ã‚’è¶…ãˆãŸå¦ç¿’者ã¯ã€ä¸€å›žç›®ãŒ52,38%ã€äºŒå›žç›®ã§ã¯100%ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€€Quantum Teaching ã¨ã‚¢ãƒ‹ãƒ¡ãƒ¼ã‚·ãƒ§ãƒ³ã€€ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’法ãŒã€€ã€€å¦ç¿’者ã«ã€€æœ‰åйã§ã€€ã‚る ã“ã¨ãŒã€€ã‚ã‹ã‚‹ã€‚アンケートã«ã€€ã‚ˆã‚‹ã€€å¦ç¿’者 ã®ã€€å応 ã¯ã€ã€€Quantum Teaching を 使用ã™ã‚‹ã€€ã“ã¨ã«ã€€èˆˆå‘³ã‚’ æŒã¡ã€ã²ã‚‰ãŒãªè¡¨è¨˜èƒ½åŠ›ã‚’ã€€é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«ã€€ã¨ã¦ã‚‚効果 ãŒã€€ã‚ã£ãŸã€€ã¨ã€€ã„ã†ã€€å›žç” ã§ã€€ã‚ã£ãŸã€‚keyword : Quantum Teachingã€ã‚¢ãƒ‹ãƒ¡ãƒ¼ã‚·ãƒ§ãƒ³ã€ã²ã‚‰ãŒãªè¡¨è¨˜èƒ½åŠ›
Copyrights © 2015