Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol 9, No 1 (2019)

INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SAWAN

Yuningsih, Luh Ade (Unknown)
Nurjaya, I Gede (Unknown)
Wisudariani, Ni Made Rai (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia  yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,dan respons siswa. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan respons siswa terhadap pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode  wawancara, dokumentasi,  observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter diintegrasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan,  baik  dalam  perencanaan,  pelaksanaan,  dan  evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan diintegrasikan dalam pembelajaran pada RPP dalam sub komponen  kompetensi inti dan penilaian sikap.Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan secara keseluruhan sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter. nilai-nilai karakter dintegrasikan pada saat kegiatan  pembelajaran berlangsung. Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan melalui penilaian sikap. Evaluasi               dilakukan melalui tes lisan dan pengamatan. Respons siswa terhadap pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan yaitu tergolong sangat positif (38, 40%), positif (26,86%), cukup positif (22,38%), kurang positif (5, 97%) dan sangat kurang positif (5,97%). Hasil penelitian  ini mengimplikasikan pada tahap perncanaan, guru harus memahami hakikat pendidikan karakter sehingga sub komponen pada RPP dapat diintegrasikan dengan baik dengan pendidikan karakter.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...