JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN

KAJIAN GEDUNG PARKIR DI JALAN GAJAH MADA PONTIANAK

., Hardiman (Unknown)
Suyono, Rudi (Unknown)
., Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2015

Abstract

Bagi daerah perkotaan, perkembangan kota dan pertambahan jumlah kendaraan merupakan dua hal yang berkaitan satu sama lain. Jumlah kendaraan yang semakin hari terus bertambah, sementara tempat-tempat untuk menyimpan atau memarkir sangatlah terbatas serta sulit untuk diperluas. Penggunaan fasilitas jalan misalnya badan jalan untuk parkir kendaraan  akibat adanya sentra ekonomi yang secara efektif mengurangi lebar jalan, yang dapat mengakibatkan kemacetan dan perlambatan kendaraan. Penelitian ini diawali dengan survei awal (observasi), dengan tujuan untuk mengetahui kondisi nyata lokasi pengamatan. Hal ini dilakukan guna menyusun strategi dalam pengumpulan data primer, antara lain penentuan lokasi, penempatan surveyor dan penentuan waktu pengamatan. Pada survei awal (observasi) dilakukan pengenalan dan pembagian lokasi survei menjadi beberapa bagian, diantaranya didapat 6pembagian blok yaitu pada Blok 1 (Jl. Gajah Mada yang memiliki panjang 109,07 m), Blok 2 (Jl. Gajah Mada yang memiliki panjang 54,95 m), Blok 3 (Jl. Gajah Mada yang memiliki panjang 235,99  m),  Blok 4 (Jl. Gajah Mada yang memiliki panjang 148,23 m), Blok 5 (JL. Gajah Mada yang memiliki panjang 160,22 m), dan Blok 6 (JL. Gajah Mada yang memiliki panjang 176,42 m).Setelah survei awal dilakukan maka dilanjutkan dengan survei utama meliputi survei jumlah kendaraan parkir, plat nomor kendaraan, jenis kendaraan dan survei wawancara. Hasil dari analisa data survei pada lokasi penelitian Jalan Gajah Mada Pontianak (simpang Jalan veteran sampai simpang Jalan Letjen Soeprapto dan simpang Jalan Hijas sampai simpang Jalan Pahlawan) adalah berupa data akumulasi on street parking, yaitu pada Blok 1 akumulasi maksimum kendaraan mobil 5, motor 8. Blok 2 mobil 46.Blok 3 mobil 6.Blok 4 mobil 4.Blok 5 mobil 31, motor 22.Blok 6 mobil 24.Sedangkan jangka waktu parkir di kawasan studi adalah termasuk jangka waktu parkir singkat (kurang dari 1 jam).   Kata Kunci : on street parking, data akumulasi, off street parking

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JMHMS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung ...