Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu dengan desain eksperimen Nonrandomized Control Group Pretest-posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 83,11 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,92. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian, diperoleh sebesar 5,0856 dan (α = 5% dan dk = 36 + 36 -2 = 70) sebesar 1,9967. Karena  (5,0856) >  (1,9967), dengan demikian maka Ha diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis tentang tingkat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada penelitian ini, diperoleh ES = 0,85 dengan kategori tinggi. Kata Kunci : Tipe Examples Non Examples, hasil belajar  Abstract: This research aims to analysis for the influence of using cooperative learning model type examples non examples on learning result of students in Social Studies of class V Elementary School 17 Pontianak City. This research used was experimental method, and research experiments used the quasi experimental with design experimental is Nonrandomized Control Group Pretest-posttest Design. The results of data analysis, average posttest on the experimental class obtained is 83,11 and then while the control class is 62,92. The results of hypothesis was used t-test with polled varian formula, of the obtained results tcount = 5,0856 and ttable (α = 5% dan dk = 36 + 36 -2 = 70) obtained is 1,9967. Because of that  (5,0856) >  (1,9967),  means significant, it can be concluded that  Ha is approved. After that the results of data analysis about influence grade of using cooperative learning model type examples non examples on this research, obtained is ES= 0,85 with high category.
Copyrights © 2014