Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 1 (2015): Januari 2015

PENERAPAN METODE DRILLUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU DAERAHNUSANTARA SISWASMP

Soginem, . (Unknown)
Ghozali, Imam (Unknown)
Istiandini, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilanmenyanyikan lagu daerah Nusantara pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Selimbau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan metode diskriptif dan subjek penelitiannya terdiri dari 24 orang.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan seriap siklus terdiri dari satu kali  pertemuan. Tahapan setiap siklusnya terdiri dari : tahap perencaanan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.  Pada tes unjuk kemampuan siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,39 dengan ketuntasan 45,83%, sehingga peneliti memutuskan untuk melanjutkan penelitian ke siklus II dengan banyak melakukan perbaikan. Pada siklus II rata-rata hasil tes kemampuan siswa meningkat menjadi 77,34 dengan ketuntasan 100%. Penampilan siswa mengalami peningkatan, sebagaian besar dapat mempraktikkan nada dan tempo dengan benar. Kata kunci :Metode Drill, Keterampilan Bernyanyi Abstract: This researchaimed to describe theprocess of implementing thedrillmethodtoimprove theskills ofsingingfolk songsarchipelago in theeighth grade studentsof SMP Negeri4Selimbau. This researchis a class actionusingdescriptivemethodsandresearchsubjectsconsistedof24people. This research  was conductedintwocycles, witheachcycle consistingof aone-timemeeting. Stages ofeachcycle consistsof: planning,implementation,observation phase, and thephaseof reflection. In thefirst cycle oftestperformance capabilitiesobtainedan averagevalue of53.39with45.83% completeness, sothe researchersdecidedtocontinue researchintothe second cyclewithlots ofmake improvements. In the second cyclethe averageresults ofteststhe abilityof studentsincreased to77.34with100% completeness. Student performance is improved,a large part ofthe toneandtempocan bepracticedproperly. Keywords: MethodsDrill, SingingSkills

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...