Abstract: Secondary analysis method was conducted to review the Classroom Action Research (CAR) reports undertaken by Physics Education students of Tanjungpura University. The literature review procedures (Leo Sutrisno, 2007) was adopted to re-analysis 12 CAR study reports avalible in Faculty Libraries. It is find that, in average these 12 studies meet 4 out of 5 CARs characteristics which should be implemented. In addition, there are 7 studies which did not use CARs model correctly. It is suggested, especially for students who will conduct CAR studies to make sure that their understanding statisfaction. Keywords : Classroom Action Research, Secondary Analysis. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan model PTK yang telah dilakukan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNTAN seperti yang dilaporkan dalam skripsi pada tahun 2009-2011 dengan menggunakan metode secondary analysis. Prosedur yang digunakan adalah prosedur dalam menelusuri literatur (review literature) menurut Leo Sutrisno (2007). Sebanyak 12 skripsi dianalisis. Analisis menemukan rata-rata kriteria karakteristik PTK yang terpenuhi skripsi-skripsi tersebut adalah 3,67 (4) karakteristik dari 5 karakteristik PTK yang ada. Selain, itu juga ditemukan 7 skripsi yang dilaksanakan tidak sesuai dengan acuan (model PTK) yang telah ditetapkan. Disarankan sebelum berencana melakukan PTK untuk mempelajari dan memahami kaidah-kaidah PTK yang baku. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Secondary Analysis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013