Abstrak: Pembelajaran IPA dikelas IV sekolah dasar, menjadi fenomenal, peserta didik yang usianya antara 7-8 tahun, dalam proses pembelajaran lebih banyak bersifat membimbing dengan tujuan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Pemilihan penerapan metode demonstrasi adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 07 Nanga Pak. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi Perubahan wujud benda pada mata pelajaran IPA dikelas IV SDN 07 Nanga Pak. Hal ini dapat dilihat dari skor yang diperoleh pada tiap-tiap komponen mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Meningkatkan, Hasil Belajar Abstrac: Mathematic Learning at element School Class IV, Being phenomenal, the students in rang 7-8 years old, in Learning proses is more charateristized as guidence with the purpose to increase communation skill. The selection of applicatiion of demonstration method is to increase study activity Sains learning at class IV SDN 07 Nanga Pak. The method which is used in this research is descriptionve method. From the result of the research shows that the lesson plan with the demonstration method is able to incerase study activity in material changes in the from of objects in science subjects Lesson class IV SDN 07 Nanga Pak. It can be seen from the score acquired in each components increase between Cycle I and cycle II Keywords : Demonstration Method, Increasing, Study result.
Copyrights © 2014