Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan kemampuan problem solving dan komunikasi matematis siswa serta respon siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model Project Based Learning (PBL). Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Singkawang.  Sampel diambil secara acak (random), dikelompokkan ke dalam kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design Pretest-Postest Control Gruop. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan problem solving matematis siswa antara menggunakan model PBL dengan  model pembelajaran langsung di SMA Negeri 1 Singkawang dengan taraf signifikan 5%. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan komunikasi  matematis siswa antara menggunakan PBL dengan  model pembelajaran langsung di SMA Negeri 1 Singkawang. (3) Siswa memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran matematika, pembelajaran dengan model PBL dan terhadap soal-soal kemampuan problem solving dan komunikasi matematis yang diberikan.   Kata Kunci : Problem solving, Komunikasi Matematis, Project Based Learning (PBL), Pembelajaran Langsung dan Respon Siswa Abstract: This study aimed to analyze the increase in the problem solving and mathematical communication students and student response after learning of mathematics follow the model of Project Based Learning (PBL). The place of research in SMA Negeri 1 Singkawang. Samples are taken randomly (random), grouped into classes experiment using PBL learning and classroom control using direct instruction. This study was an experimental study with pretest-posttest design Control Group. It can be concluded that: (1) There are significant differences increase students' mathematical problem solving ability between the model PBL learning model directly in SMA Negeri 1 Singkawang with significant value 5%. (2) There are significant differences increase students' mathematical communication capabilities between using PBL learning model directly in SMA Negeri 1 Singkawang. Students have a positive attitude towards the subjects of mathematics, the PBL learning model and the problems of the problem solving and mathematical communication given. Keywords: Mathematical Problem Solving, Communication Mathematically, Project Based Learning (PBL), Direct Learning and Student Respons.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016